Tips Merawat Adaptor Laptop

Senin, 16 September 2013

       Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Selamat malam sahabat enterwe di mana pun anda berada. Uang telah habis beberapa ratus ribu gara- gara adaptor laptop ane yang rusak akibat over  heating mungkin. Karena ane lihat bagian dalam adaptornya meleleh. Ya terpaksa harus beli deh. Setelah ane cari- cari di google akhirnya ketemu, tips supaya adaptor tidak cepet rusak. Oleh karena itu, pada kesempatan malam hari yang berbahagia ini, ane akan share informasi sedikit tentang tips merawat adaptor laptop agar tidak cepat rusak seperti yang ane alami sekarang ini. Langsung aja nih ke point intinya. Ane ambil informasi ini dari blog sebelah, jadi ane juga lagi membuktikan kebenarannya, sekali lagi, ini bukan asli posting dari ane. Tetapi, kita ikhtiarr aja, semoga saja informasi ini bisa membantu.

     Adaptor adalah salah satu bagian penting pada Laptop/Netbook karena fungsinya untuk menyuplai power ketika baterai hampir habis. Oleh karena itu laptop tidak bisa digunakan tanpa Adaptor ini. Sampai saat ini belum ada power bank/charger desktop seperti pada Handphone. Sehingga kemanapun Kita membawa Laptop Kita harus membawa Adaptor, bayangkan jika Sobat akan menggunakannya malah rusak padahal umur Adaptor Sobat masih baru. Itu mungkin karena Sobat salah merawat Adaptor atau membeli Adaptor palsu yang cepat rusak.

      Agar Sobat ingin agar umur Adaptor sebenarnya mudah, asal kita memperhatikan hal-hal seperti berikut:

1. Menggunakan Adaptor tidak Over
      Menggunakan Adaptor untuk mencharge tanpa batasan waktu tidak di anjurkan, menggunakan charger untuk mengisi daya untuk waktu yang sangat lama dan percuma akan membuat charger cepat rusak, misalnya ketika Kita akan tidur, lupa kontak masih tertancap pada colokan sumber listrik hingga pagi hari, jika terjadi pembiaran dan acuh terhadap hal ini, maka dijamin umur Adaptor akan pendek dan Sobat akan menanggung konsekuensinya yaitu membeli Adaptor baru/memperbaikinya.

2. Tidak Menggulung Kabel
      Ini yang sering Kita sadari yaitu ketika menaruhnya di dalam tas dan tanpa disadari keadaan Adaptor kabel menggulung dan tertekan buku dan perlengkapan di dalam tas lainnya, hal ini akan membuat kabel bagian dalam putus terutama pada bagian kabel penyambung Adaptor.





     Untuk mengatasi hal ini adalah gulung kabel Adaptor dengan hati-hati tanpa ada gulungan yang membahayakan. Contoh kabel adaptor yang putus adalah ketika Kita akan mencharge kadang charge kadang tidak.

3. Gunakan Stabilizer
         Hindarkan penggunaan kontak yang voltagenya naik turun/gunakan stabilizer.

4. Charger Baterai Sebelum Habis
      Hindari charge sampai keadaan baterai kosong karena ketika pengisian kembali akan membutuhkan aliran listrik yang besar, sehingga akan membuat kinerja Adaptor semakin berat dan mempengaruhi umur Adaptor.

5. Ganti Adaptor Baru
      Ganti Adaptor jika pengisian sudah terputus-putus karena akan merusak Baterai dan Motherboard. Lebih baik mengganti Adaptor yang baru, karena harganya yang lebih murah, dan belilah yang asli.



Sekian posting untuk malam hari ini. Semoga bermanfaat.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

yapp siip trimakasih atas sarannya....

Unknown mengatakan...

oke gan sama2, selalu kunjungi blog ini oke :)

Anonim mengatakan...

wew mantab gan artikelnya membantu!

Unknown mengatakan...

sip gan, jaga selalu adaptornya gan, supaya gak usah beli lagi .. :)

Posting Komentar